MATEMATIKA "BUKAN" CABANG DARI IPA

Anak IPA itu memang sudah seharusnya jago Matematika daripada anak IPS.

Ini adalah salah satu "MISKONSEPSI" yang paling parah bahkan terjadi di kalangan guru sekalipun.

Kenyataannya, MATEMATIKA itu bukanlah cabang dari IPA ( Natural Science ) maupun IPS ( Sosial Science ). Awalnya kita pasti punya pikiran bahwa Matematika itu identik dengan IPA, sebenarnya baik IPA maupun IPS adalah science. Maksudnya science itu artinya ilmu yang mempelajari hal yang konkrit, sedangkan Matematika itu adalah ilmu abstrak, bukan konkrit. Jadi sekali lagi, matematika itu bukan science.

Istilah science artinya kita mempelajari ilmu yang bisa diamati dan bisa direpresentasikan dalam dunia nyata, pembuktiannya disebut dengan evidence. Sedangkan inti dari matematika itu adalah abstract modeling dari logika dimana pembuktiannya biasa disebut dengan proof. Jadi matematika merupakan ilmu pengetahuan murni yang bersifat abstrak dan dia bisa berdiri sendiri tanpa sokongan ilmu-ilmu lain.

So, Matematika itu sama sekali nggak identik sama hitungan apalagi jurusan IPA. Matematika itu gak nyambung sama sekali sama ilmu alam maupun hitungan. Jadi sebetulnya baik jurusan IPA maupun IPS harus sama-sama menguasai pelajaran matematika dengan baik, karena konsep-konsep dasar dari matematika bisa diterapkan untuk membantu cabang-cabang ilmu lainnya dalam proses pengembangan ilmu tersebut.


Sumber :
https://www.zenius.net/blog/5483/jurusan-ipa-ips-saintek-soshum

Komentar